Mengenal Gula Aren dan 11 Manfaatnya untuk Kesehatan

Bagi anda yang yang sering berkutat di dapur, tentu sudah mengenal bahan pemanis alami yang aman dikonsumi oleh tubuh, biasa disebut gula aren. Bahan pemanis alami yang sangat mudah dicari di pasar tradisional atau biasa dijual di toko kelontong daerah sekitar tempat tinggal anda. Bagi anda yang masi asing atau belum mengetahui apa itu gula aren, akan saya jelaskan sebagai berikut.

Mengenal Apa Itu Gula Aren

Gula aren merupakan salah satu bahan pemanis makanan alami yang terbuat dari air nira dari tandan bunga jantan pohon enau. Biasanya gula aren ini banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan pelengkap pembuatan berbagai jenis makanan dan berbagai jenis minuman rumahan. Pencariannya yang mudah membuat gula aren banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

jual gula aren

Pada beberapa daerah akhir – akhir ini pohon aren sudah mulai langka. Hal itu karena kayu dari pohon aren tersebut lebih banyak dijual. Disamping itu, semakin minim para penerus petani yang mau menanam pohon aren tersebut. Mereka lebih memilih untuk mengadu nasib di kota kota besar sebagai buruh pabrik. Hal itulah yang menjadi produksi gula aren menjadi menurun akhir akhir ini.

Kejadian tersebut sangat disayangkan sekali ya, karena pohon aren sendiri memiliki banyak sekali yang dapat dimanfaatkan pada setiap bagiannya yang juga memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, bila dalam pengolahannya dilakukan dengan sebaik mungkin maka akan menciptakan kegiatan penjualan secara ekspor loh. Sangat menarik bukan.

Pada bagian nira dapat diolah sebagai gula, minuman tuak nira, bioetanol. Kemudian untuk buah yang masak dapat dimanfaatkan sebagai kolang kaling yang biasanya dipakai di es buah sebagai pelengkap. Pada batangnya dapat diolah menjadi tepung. Lalu untuk kayu pohon aren dapat digunakan sebagai mebel, kayu bakar pembuatan gula aren, dan sebagai pembuatan atap rumah.

Kemudian untuk lidinya dapat digunakan sebagai sapu korek. Lalu ijuk dapat digunakan sebagai penghasil kerajinan tangan. Untuk akar pohon aren dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang mengandung polifenol, saponin, flavonoid. Banyak sekali kan manfaat dari pohon aren tersebut. Sangat disayangkan bila pohon aren ini menjadi langka mengingat pohon tersebut kaya akan manfaatkannya.

Kandungan Gula Aren yang Kaya Manfaat

Kandungan Gula Aren

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kandungan yang ada di dalam gula aren. Hal itu karena masyarakat sering memandang gula aren ini hanya sebagai bahan pemanis alami biasa yang hanya dibutuhkan dalam pengolahan makanan dan minuman saja, tanpa tahu kandungan serta manfaat yang terkandung di dalamnya.
Gula aren ini mengandung kaya akan zat gizi yang memberikan manfaat bagi tubuh. Kandungan zat gizinya antara lain kalsium, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, fosfor, vitamin B3, dan zat besi. Dengan kandungan zat – zat gizi itulah yang memberikan berbagai manfaat bila dikonsumsi terus menerus. Manfaat yang dihasilkan antara lain mencegah kanker, anemia, dan jenis manfaat lainnya.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam gula aren yaitu kaya akan serat makanan yang sangat baik untuk pencernaan manusia yang dapat menjauhkan anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem percernaan anda. Kemudian di dalam gula aren dapat memberikan cita rasa yang alamiah dan tentu menyehatkan bila dikonsumsi bagi tubuh anda karena mengandung sukrosa serta fruktosa.

Itulah penjelasan mengenai kandungan yang ada di dalam gula aren tersebut.

Proses Pembuatan Gula Aren

Proses Pembuatan Gula Aren

Bagi anda yang belum mengetahui proses pembuatan gula aren ini, akan saja jelaskan dalam artikel ini. Penjelasannya sebagai berikut.

  • Pertama, bunga jantan Pohon Enau dikumpulkan dalam wadah besar. Kemudian pada wadah besar tersebut diberikan laru atau kawao yang memiliki fungsi sebagai bahan pengawet alami. Itu bermaksud agar nira tidak mengalami peragian yang berakibat gagalnya pembuatan gula aren karena nira sudah mengalami fermentasi.
  • Setelah semuanya terkumpul banyak dalam wadah besar tadi, maka langkah selanjutnya nira dilakukan perebusan di atas tungku. Perlu diingat bahwa dalam melakukan pembakaran tunggu, disarankan menggunakan kayu aren yang sudah tua. Hal itu karena kayu aren yang sudah tua tersebut terkandung kalori yang lebih tinggi dari kayu bakar pada umumnya. Sehingga membuat proses memasaknya menjadi lebih cepat matang.
  • Dalam memasak gula aren ini, dilarang menggunakan api besar yaa. Itu karena akan membuat gula akan gosong dan rasanya berubah menjadi pahit karena warnanya hitam. Aduk aduk hingga nira menjadi berat dan pekat ketika proses pengadukannya.
  • Bila adonan yang ada di wadah besar mengalami putus putus jika di ambil lalu dituangkan kembali, maka itu menandakan adonan gula aren tersebut sudah bisa diangkat dan dicetak.
  • Selain itu, bila adonan mengalami panjang tanpa putus bila dituangkan ke air dingin, maka itu juga menandakan adonan gula aren tersebut sudah bisa diangkat dan dicetak.
  • Jangan lupa siapkan cetakan dengan bentuk setengah linggaran ya.

Itulah penjelasan mengenai proses pembuatan gula aren yang cukup mudah untuk anda coba di rumah ya.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Bagi anda yang selama ini memandang sebelah mata tentang gula aren, cobalah simak penjelasan mengenai manfaat gula aren yang terkandung di dalamnya. Banyak sekali manfaat yang ada di dalamnya saat mengkonsumsi gula aren tersebut. Manfaatnya yaitu sebagai berikut.

  • Mencegah Kanker

Dalam gula aren memiliki manfaat yaitu untuk mencegah timbulnya penyakit kanker dalam tubuh manusia. Itu karena dalam gula aren mengandung kaya akan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  • Mencegah Anemia

Dalam gula aren memiliki manfaat yaitu untuk mencegah timbulnya penyakit anemia dalam tubuh manusia. Itu karena dalam gula aren mengandung kaya akan zat besi. Dengan mengkonsumsi gula aren tersebut maka akan membantu memperkaya produksi sel darah merah yang akan membantu menyembuhkan anemia yang anda alami serta dapat mencegah munculnya penyakit anemia.

Bagi anda yang menderita anemia, dapat disarankan untuk banyak mengkonsumsi gula aren ini. Hal karena para penderita anemia tidak boleh dibiarkan begitu saja ya karena dapat menjadi lebih buruk pada tubuh anda nanti. Kemudian anda dapat terserang penyakit komplikasi lainnya yang sangat berbahaya. Dengan begitu, anda harus rutin ya dalam mengkonsumsi gula aren ini demi kesehatan tubuh anda sendiri loh.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam gula aren memiliki manfaat yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Hal itu karena gula aren mengandung antioksidan yang tidak hanya dapat menangkal timbulnya kanker saja loh. Dengan mengkonsumsi gula aren juga dapat menjaga kesehatan kulit anda. Bila anda mengkonsumsinya terus akan membuat kulit anda menjadi halus dan indah.

Anda juga dapat menggunakan gula aren sebagai masker dengan campuran bahan tradisional lainnya. Dengan menggunakan gula aren untuk masker akan membuat wajah bersih dari kulit kulit mati yang ada di wajah anda. Itu karena terdapat zat zat yang berwujud butiran yang dapat menjaga kulit agar tetap halus tanpa kerutan yang membuat wajah menjadi seperti tua.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat dalam mengkonsumsi gula aren salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Itu karena di dalam gula aren sendiri terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh anda membuat anda akan terlindung dari bakteri dan virus penyakit yang dapat menyerang kesehatan anda.

Selain itu, gula aren juga mengandung nutrisi yang dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh anda. Dengan lancar peredaraan darah dapat membuat kinerja organ tubuh anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Maka dari itu jangan pernah ragu untuk memasukkan bahan pemanis alami ini dalam adonan makanan dan minuman anda.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Bagi anda yang menderita kolesterol, anda dapat mengkonsumsi gula aren ini loh. Manfaat gula aren selanjutnya adalah yang berhubungan dengan kesehatan jantung yaa. Dengan mengkonsumsi gula aren membuat anda dapat menjaga kadar kolesterol yang ada punyai menjadi normal kembali. Hal itu karena gula aren sendiri mengandung kaya akan vitamin B3 di dalamnya yang dapat mengurangi jumlah kolesterol.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Dalam mengkonsumsi gula aren akan bermanfaat bagi tubuh yaitu untuk menjaga sistem pencernaan tubuh anda. Hal itu karena gula aren mengandung kaya akan serat makanan di dalamnya. Dengan kaya akan serat makanan tersebutlah membuat proses pencernaan tubuh anda menjadi berjalan dengan lancar. Mengkonsumsi gula aren ini dapat terhindar dari penyakit seperti kanker usus, sembelit, dan lain sebagainya.

  • Menstabilkan Suhu Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah untuk menstabilkan subuh tubuh anda. Namun dalam mengkonsumsi gula aren tersebut dengan mencampurkan ke dalam wedang jahe atau wedang ronde. Bagi anda yang sedang mengidap flu, anda dapat mencoba mengkonsumsi campuran wedang dengan gula aren tersebut. Hal itu ampuh untuk meredakan gejala flu loh.

  • Mengobati Sariawan

Selanjutnya, manfaat gula aren adalah sebagai obat untuk anda yang menderita sariawan. Dengan mengkonsumsi gula aren secara rutin, ampuh mengatasi sariawan yang timbul di gusi atau bibir anda. Anda dapat mengkonsumsinya dapat dengan cara dicampur dalam makanan dan minuman anda atau dapat dikonsumsi secara langsung.

  • Pendukung Program Diet

Gula aren dapat memberi dukungan bagi anda yang sedang menjalani program diet. Anda dapat mulai mengganti asupan gula pasir anda dengan gula aren ini. Itu karena gula aren terkandung rendah kalori di dalamnya yang cocok untuk anda yang menjalani diet. Hal itu dilakukan agar dapat menjaga batas asupan gula anda agar tetap sedikit dalam mengkonsumsi gula saat diet.

  • Menghambat Penuaan Dini

Manfaat selanjutnya adalah untuk menghambat penuaan dini bagi anda para remaja atau para ibu ibu muda yang masih ingin tampil muda dapat mengkonsumsi gula aren ini. Gula aren sendiri mengandung berbagai nutrisi yang dapat menambah darah, melancarkan peredaran darah pada tubuh, memperkuat limpa, menghangatkan lambung, dan meredakan nyeri sendi.

Mengkonsumsi gula aren dapat dilakukan juga pada orang orang yang sudah mengalami lanjut usia. Hal itu karena gula aren untuk membantu menyerap vitamin dan nutrisi lebih banyak dalam tubuhnya. Mengingat pada orang orang yang sudah menjalani usia lanjut maka akan berkurang dalam menyerap nutrisi dan vitamin dalam tubuhnya. Itu karena gula aren mengandung molasses yang dapat menangkal radikal bebas.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Adanya permasalahan yang menyangkut sirkulasi darah mengakibatkan timbulnya penyakit serius atau penyumbatan darah. Dengan timbulnya penyumbatan darah ini membuat munculnya penyakit darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung yang terjadi di dalam tubuh. Maka dari itu dianjurkan untuk anda mengkonsumsi gula aren untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Serta dapat menghindarkan anda dari penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya bagi tubuh anda. Maka dari itu, mencegah lebih baik dari pada mengobati loh, anda harus banyak mengkonsumsi gula aren demi kesehatan tubuh anda.

Itulah penjelasan mengenai manfaat yang ada di dalam gula aren yang kaya akan zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Mengenal Jenis Gula Aren dan Lainnya

Bagi kebanyakan masyarakat masih bingung dengan perbedaan yang ada pada gula aren, gula merah dan gula jawa. Hal itu karena dari segi manfaat, ketiga jenis gula tersebut memiliki fungsi dan pengertian yang sama semuanya. Padahal sebenernya ketiga jenis tersebut memiliki berbedaannya masing masing loh. Gula aren juga dapat tergolong dalam gula merah loh.

jenis gula aren asli

Dalam dunia kuliner yang ada di Indonesia, sudah mengenal dua jenis gula yang sering kali dijumpai dan digunakan oleh ibu ibu untuk memasak di rumah ya. Dua jenis gula tersebut yang sering ditemui adalah gula putih dan gula merah. Gula putih ini antara lain gula batu dan gula pasir yang bahan awalnya berasal dari batang tebu. Sedangkan gula merah yang juga sering ditemui adalah gula aren, gula enan, serta gula kelapa.

Dari penjelasan diatas, anda sudah mengetahui ya klasifikasi jenis gula yang sering dipakai oleh ibu rumah tangga pada umumnya serta anda sudah mengetahui penggolongan gula aren yang termasuk ke dalam gula merah. Selanjutnya akan saya jelaskan mengenai gula jawa.

Gula jawa atau sering disebut gula kelapa yang juga tergolong dalam gula merah. Alasan dari gula kelapa disebut sebagai gula jawa karena terdapat sejarah yaitu salah satu produk yang menjadi andalan dari daerah Pulau jawa yaitu Kabupaten Purworejo. Maka dari itu gula kelapa ini disebut gula jawa. Sama dengan namanya, gula jawa atau gula kelapa ini berasal dari olahan penyadapan air nira pohon kelapa. Sedangkan untuk gula merah jenis gula aren, Anda bisa menemuinya di daerah Dayeuhluhur Cilacap.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dua jenis gula yaitu gula putih dan merah. Gula putih berasal dari olahan batang tebu, kemudian untuk gula merah berasal dari olahan air nira aren dan juga air nira kelapa. Sudah jelas kan dari segi asal muasal pembuatan gula sudah berbeda.

Kemudian dari segi fisik gula memiliki fisik berwarna putih dengan tekstur seperti pasir dan juga ada yang teksturnya cukup besar seperti batu. Lalu untuk fisik gula aren memiliki fisik warna sedikit cerah bila dibandingkan dengan gula kelapa ya. Itulah penjelasan mengenai perbedaan jenis gula putih dan gula merah ya.

Itulah penjelasan dari saya mengenai seputar gula aren yang kaya akan zat gizi dan manfaat bagi tubuh bila dilakukan konsumsi secara rutin. Bila anda bosan mengkonsumsinya secara langsung, anda dapat mencampurnya ke dalam makanan dan minuman anda. Semoga bermanfaat ya.

82 / 100 SEO Score

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *